Firefox 3.5 for Ubuntu, Windows, Mac

Berita bagus, telah rilis firefox 3.5 yang diklaim lebih cepat dari firefox generasi sebelumnya. Berikut first time use reportnya:

1. Firefox 3.5 yang saya coba di mesin Windows XP memang memanfaatkan cache secara lebih maksimal dan koneksi yang dilakukan juga lebih agresif. Untuk speed download sepertinya sama saja. Performa berarti didapatkan oleh user Windows XP, kalau versi Linux (Ubuntu), memang sudah cepat dari 'sono'-nya sejak versi 3.0.x

2. Fitur private browsingnya lumayan bagus, walaupun seharusnya fitur ini bisa berjalan bersamaan dengan non-private browsing. Hanya satu mode yang bisa diaktifkan dalam satu sesi browsing.

3. Open format video dan sound player yang terintegrasi. Bermanfaat sih, tapi dengan banyaknya situs yang masih memanfaatkan closed source (FLV, AVI, MOV), kayaknya fitur ini belum perlu-perlu amat.

4. Oh ya, kalau mau download versi "Ubuntu 9.04" maka baru didapatkan FF 3.5 beta 4. Perintahnya:

sudo apt-get update
sudo apt-get install firefox-3.5

Cara menjalankannya manual dari console, atau via shortcut sendiri. Agak membingungkan, karena yang muncul bukan tag Firefox 3.5 melainkan Shiretoko (End of the Earth, Ainu language, juga merupakan sebuah National Park di Hokkaido).

5. Kalau mau update manual, silakan ke download pagenya saja. Ukuran file sekitar 7.7 MB untuk Windows dan 9.3 untuk Linux. Yang versi Windows, kompatible dengan Adblock, Noscript, dan beberapa ekstensi/add-in dari FF 3.0, tapi yang versi Linux (kompilasi Ubuntu 9.04, atau FF 3.5 beta 4) belum kompatibel.

Comments

This comment has been removed by a blog administrator.

Popular posts from this blog

Merakit Destilator Bioetanol Sederhana (1)

DHT11 incubator with I2C LCD (part 1)

LM35 Incubator with LCD 16x2 on Arduino